Banyak merk obat afdruk yang beredar di pasaran, dan pada umumnya masing-masing produk sudah merekomendasikan ukuran waktu penyinaran. Tetapi informasi produk tersebut tidak menjelaskan lebih rinci bahwa waktu penyinaran itu dipengaruhi oleh beberapa faktor lain.
Perlu kita ketahui bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi waktu penyinaran itu antara lain:
- Besaran Watt lampu yang digunakan.
- Jumlah lampu yang digunakan.
- Jarak antara Bidang yang akan diafdruk dengan Lampu.
- Ukuran Mesh ( halus kasarnya) bahan kain screen.
- Faktor X dari Arus Listrik.
Seperti yang mungkin anda telah ketahui, eksperimen tidak menjamin kesuksesan pada percobaan yang pertama ataupun yang ke dua. Harapan saya, bila eksperimen anda tidak berhasil pada percobaan yang pertama, ke dua, ataupun yang ke tiga, eksperimen berikutnya akan membuahkan hasil sukses.
Kunci sukses: Jangan cepat putus asa atau frustrasi. Belajarlah dari tiap kegagalan tersebut agar kita tidak mengulanginya di masa mendatang.
OK, untuk menghemat waktu mari kita mulai belajar dari “kegagalan” ini! Nah apapun obat afdruk yang anda pakai, pasti anda tetap akan berhasil melakukan pengafdrukan ini.
ILUSTRASI
Untuk eksperimen ini, siapkan secarik kertas dan pulpen.- Beri titik disebelah kira dan beri tanda angka 0
- Kemudian tarik garis lurus secara horizontal kearah kanan
- Beri titik disebelah kanan dan beri tanda angka 20
- Selanjutnya beri titik tepat digaris tengahnya dan beri tanda 10
Garis waktu pertama
Eksperimen Pertama
Beri waktu penyinaran pada screen yang hendak diafdruk selama 10 menit.Setelah 10 menit, lakukan tahap-tahap berikut ini:
Tahap I. Sebelum melakukan pengembangan dengan menyiram air pada screen, lihat dahulu apakah terlihat perbedaan bayangan yang terjiplak pada bahan screen tersebut?
Ada 2 kemungkinan yang terjadi disini:
- Bayangan gambar pada bahan kain screen tidak terlihat/timbul.
- Bayangan gambar pada bahan kain screen tersebut tampak dengan jelas.
Ada 2 kemungkinan yang terjadi disini:
- Obat afdruk yang merekat pada bahan kain screen langsung larut bersama air saat kita siram.
- Bayangan gambar mulai terlihat lebih jelas lagi.
Bagan Hasil Penyinaran
Akan tetapi bila pada tahap I dan tahap II, anda mendapat kemungkinan yg pertama (bayangan gambar pada screen tidak jelas dan/atau obat adruk pada screen larut), maka eksperimen ini gagal.
Anda sudah memiliki pengalaman dan kegagalan satu kali. Itu bagus untuk Anda!
Mengapa?
Karena Pengalaman dan Kegagalan adalah kunci Keberhasilan Anda
Selanjutnya mari kita lakukan eksperimen yang ke dua.
Ambil CATATAN Anda yang tadi, beri tanda pada angka 10 tadi dengan (-) yang artinya kurang waktu.
Sekarang beri tanda titik tepat ditengah garis antara angka 10 dan 20 dan beri angka 15
Garis Waktu Ke dua
Eksperimen Ke dua
Mari kita lakukan pengafdrukan kembali dengan waktu penyinaran selama 15 menit.Lakukan pengamatan seperti saat eksperimen pertama.
Jika ternyata setelah dilakukan penyiraman hasil yang didapat adalah sbb:
- Ada bayangan terlihat pada bahan screen
- Saat pengembangan dengan menyiram air, bayangan terlihat lebih jelas.
- Saat pengembangan lebih lanjut dengan menggunakan spray gun / semprotan ternyata gambar yang sudah timbul menjadi rontok atau hancur gambarnya.
Tidak apa-apa, jangan pantang menyerah karena anda sudah lebih berpengalaman.
Ambil kembali CATATAN kertas tadi dan beri tanda pada angka 15 dan beri tanda (-/+) yang artinya waktu penyinaran hampir mencukupi.
Eksperimen Ke tiga
Lakukan kembali pengafdrukan seperti di atas dan beri waktu penyinaran selama 20 menit.Lakukan pengamatan seperti saat eksperimen sebelumnya.
Apabila ternyata setelah dilakukan penyiraman hasil yang didapat adalah sbb:
- Ada bayangan terlihat pada bahan screen
- Saat pengembangan dengan menyiram air, bayangan terlihat lebih jelas.
- Saat pengembangan lebih lanjut dengan menggunakan spray gun / semprotanternyata gambar yang sudah timbul tidak mudah tembus atau susah dibuka.
Wah capai juga yah jika gagal terus?
Sabar boss, ingat kegagalan adalah kunci sukses untuk mencapai keberhasilan.
Ambil kembali CATATAN yang tadi dan beri tanda pada angka 20 dengan tanda (+) yang berarti waktu penyinaran kelebihan/ terlalu lama.
Nah kini beri tanda titik lagi tepat ditengah antara angka 15 dan 20. Beri angka 17,5.
Garis Waktu Ke tiga
Mungkin anda berpikir, “Wah gagal lagi gak neh???”
Tenang yang ini pasti berhasil boss.
Kenapa bisa saya yakin kalau ini berhasil? Karena dari pengalaman saat melakukan penyinaran 15 menit gambar sudah mulai terbuka namun akhirnya gambar yang timbul akhirnya rontok karena penyemprotan dengan menggunakan spray gun. Sedangkan, saat waktu penyinaran yang 20 menit ternyata gagal karena gambar tidak bisa dibuka. Kesimpulannya, anda harus menyesuaikan waktu penyinaran di antara 15 dan 20 menit.
Catatan:
Ini adalah ilustrasi dimana penempatan waktu bisa anda atur sendiri antara satuan menit atau puluhan menit, karena setiap penyinaran yang tepat itu tergantung dari beberapa faktor yang ikut mempengaruhinya, seperti yang saya jelaskan pada paragraf di awal artikel ini. Mengenai penjelasan lebih rinci dan rekomendasi tentang ke lima faktor tersebut di atas, kami akan bahas di tulisan mendatang. Jadi jangan lupa untuk sering-sering mengunjungi blog kami.
Mudah-mudahan pelajaran ini dapat bermanfaat bagi anda. Bila ada pertanyaan, silakan hubungi kami melalui komentar atau email.
Selamat mencoba.
saya juga merasakan sulit menentukan waktu penyinaran. saya mau menanyakan berapa banyak lampu yg anda gunakan, berapa watt lampu yg digunakan, jarak masing masing lampu, jarak lampu dengan kaca dan ukuran screen yg digunakan. terima kasih
ReplyDelete